Kamis, 17 Januari 2013

Graphic Card Memory

Para memori yang memegang gambar video juga disebut sebagai frame buffer dan biasanya diimplementasikan pada grafis kartu itu sendiri. Sistem awal dilaksanakan memori video DRAM standar. Namun, ini memerlukan terus-menerus menyegarkan dari data untuk mencegah dari yang hilang dan tidak dapat diubah selama proses refresh. Konsekuensi, terutama pada kecepatan clock sangat cepat dituntut oleh modern kartu grafis , adalah bahwa kinerja buruk terdegradasi.
Keuntungan dari penerapan memori video pada kartu grafis itu sendiri adalah bahwa hal itu dapat disesuaikan untuk tugas tertentu dan, memang, ini telah menghasilkan perkembangan teknologi memori baru:
  • Video RAM (VRAM): tipe khusus dari DRAM dual-porting, yang dapat ditulis dan dibaca dari pada waktu yang sama. Hal ini juga membutuhkan jauh lebih sering menyegarkan dari DRAM biasa dan akibatnya melakukan jauh lebih baik
  • Jendela RAM (WRAM): seperti yang digunakan oleh Millennium Matrox sangat sukses card, juga dual-porting dan dapat berjalan sedikit lebih cepat daripada VRAM konvensional
  • EDO DRAM: yang menyediakan bandwidth yang lebih tinggi dari DRAM, dapat clock lebih tinggi dari DRAM normal dan mengelola membaca / menulis siklus lebih efisien
  • SDRAM : Mirip dengan EDO RAM kecuali memori dan chip grafis berjalan pada jam yang umum digunakan untuk latch data, memungkinkan SDRAM untuk berjalan lebih cepat daripada RAM EDO biasa
  • SGRAM: Sama seperti SDRAM, tetapi juga mendukung blok menulis dan menulis-per-bit, yang menghasilkan kinerja yang lebih baik pada chip grafis yang mendukung fitur yang disempurnakan
  • DRDRAM: Direct RDRAM adalah, benar-benar baru untuk keperluan umum arsitektur memori yang menjanjikan peningkatan 20 kali lipat kinerja dari DRAM konvensional.
Beberapa desain mengintegrasikan sirkuit grafis ke motherboard itu sendiri dan menggunakan sebagian dari RAM sistem untuk frame buffer. Ini disebut arsitektur memori terpadu dan digunakan untuk alasan pengurangan biaya saja. Karena implementasi tersebut tidak dapat mengambil keuntungan dari teknologi memori video khusus mereka selalu akan menghasilkan kinerja grafis rendah.
Informasi dalam buffer memori video frame adalah gambar apa yang muncul di layar, disimpan sebagai bitmap digital. Tapi sementara memori video berisi informasi digital output media nya, monitor, menggunakan sinyal analog. Sinyal analog membutuhkan lebih dari sekedar atau menonaktifkan sinyal, seperti itu digunakan untuk menentukan di mana, kapan dan dengan apa intensitas senjata elektron harus dipecat karena mereka memindai menemukan dan di bagian depan monitor. Di sinilah RAMDAC masuk
Tabel di bawah ini merangkum karakteristik dari enam jenis populer memori yang digunakan dalam subsistem grafis:

EDO VRAM WRAM SDRAM SGRAM RDRAM
Max. Throughput
(MBps)
400 400 960 800 800 600
Dual-atau single-porting tunggal rangkap rangkap tunggal tunggal tunggal
Khas data Lebar 64 64 64 64 64 8
Kecepatan (khas) 50-60ns 50-60ns 50-60ns 10-15ns 8-10ns Clock speed 330MHz
1998 melihat perubahan dramatis di pasar memori grafis dan pergeseran pasar diucapkan terhadap SDRAMs disebabkan oleh runtuhnya harga SDRAMs dan menghasilkan gap harga dengan SGRAMs. Namun, keterlambatan dalam pengenalan RDRAM, ditambah dengan biaya premi yang signifikan, melihat SGRAM - dan SGRAM DDR khususnya, yang melakukan transaksi I / O pada kedua tepi naik dan jatuh dari siklus clock - memulihkan posisinya memori grafis pilihan selama tahun berikutnya.
Semakin banyak jumlah warna, atau resolusi yang lebih tinggi atau, memori video lebih akan diperlukan. Namun, karena merupakan sumber daya bersama mengurangi satu akan memungkinkan peningkatan yang lain. Tabel di bawah ini menunjukkan kemungkinan kombinasi untuk jumlah khas memori video:
Video memori Resolusi Warna kedalaman Nomor warna
1mb 1024 × 768 800 × 600 8-bit 16-bit 256 65,536
2Mb 1024 × 768 1280 × 1024
800 × 600
8-bit 16-bit
24-bit
256 65,536
16,7 juta
4Mb 1024 × 768 24-bit 16,7 juta
6MB 1280 × 1024 24-bit 16,7 juta
8mb 1600 × 1200 32-bit 16,7 juta
Meskipun jumlah total memori video yang terinstal mungkin tidak diperlukan untuk resolusi tertentu, memori tambahan sering digunakan untuk caching informasi untuk prosesor grafis. Sebagai contoh, caching item grafis yang umum digunakan - seperti font teks dan ikon - menghindari kebutuhan untuk subsistem grafis untuk memuat ini setiap kali surat baru ditulis atau ikon dipindahkan dan dengan demikian meningkatkan kinerja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar