Kamis, 17 Januari 2013

Graphic Card Geometri

Pada tahap geometri, semua gambar 3D dipecah menjadi poligon. Poligon Setiap dianalisis dan diberikan berbagai karakteristik. Obyek yang ditetapkan untuk mereka koordinat dan digabungkan ke dalam sistem koordinat tunggal yang disebut Space Dunia Co-ordinat. Setiap elemen yang berada di luar jendela tampilan yang dipotong atau dibuang.
Pengguna masukan (yaitu bermain) dalam Ruang Dunia menyebabkan objek bergerak. Ketika bergerak, geometri harus direvisi dan dihitung ulang. Hal ini dikenal sebagai transformasi dan melibatkan perubahan pada X, Y dan Z arah. Sebuah contoh yang baik adalah Duke Nukem 3D: sebagai pahlawan (pemain) berjalan melalui pintu dan ternyata kiri ke ruang, perubahan seluruh adegan, saat ia bergerak lebih dekat ke pintu itu harus mendapatkan lebih besar, dan ketika ia berbalik meninggalkan keseluruhan Adegan ruang baru harus diciptakan, memberikan ilusi kedalaman. Ditambahkan ke ini adalah perubahan dalam kamera, pencahayaan, tekstur dan warna benda, yang semuanya harus dihitung atau dihitung ulang.
Dikenal secara kolektif sebagai geometri set-up - ini secara tradisional tahap terakhir dari grafis pipa yang dilakukan oleh CPU utama sebelum prosesor 3D mengambil alih untuk melakukan fungsi render. Perhitungan terkait dapat dipandang sebagai melakukan tiga fungsi khusus:
  • Scaling membuat objek yang lebih besar atau lebih kecil sesuai dengan seberapa jauh kembali mereka di bidang pandang
  • Terjemahan melibatkan obyek bergerak ke lokasi yang benar
  • Rotasi ternyata objek sehingga mencapai posisi yang benar.
Ada dua cara yang sangat berbeda untuk mendapatkan mengatasi masalah ini. The 3D-hardware produsen menganjurkan penggunaan prosesor geometri khusus. Prosesor tersebut mengambil alih perhitungan geometri dari CPU utama. Di sisi lain perdebatan, ini adalah solusi paling dapat diterima bagi produsen prosesor karena prosesor geometri sekali menjadi standar pada papan grafis, hanya membutuhkan prosesor biasa-biasa saja untuk melakukan fungsi lain seperti menjalankan sistem operasi dan perangkat pemantauan. Jawaban mereka adalah untuk meningkatkan kinerja 3D dari CPU mereka dengan penyediaan set instruksi khusus - Katmai New Instructions (KNI) dalam kasus Intel dan 3DNow! dalam kasus AMD. Masalahnya, bagaimanapun, adalah bahwa dalam jangka panjang bahkan meningkatkan kinerja yang disediakan oleh MMX-gaya instruksi baru muncul cukup untuk mengatasi dengan kekuatan hebat dari generasi baru 3D accelerator. Selain itu, sebagian besar pengguna - bahkan gamer - jangan meng-upgrade sistem mereka secara teratur dan memiliki CPU yang relatif lambat. Mengingat hal ini, prosesor geometri khusus muncul untuk menawarkan solusi terbaik.
nVidia adalah yang pertama ke pasar dengan Graphics Processing Unit mainstream pertama (GPU) pada musim gugur tahun 1999, yang GeForce 256 chip yang memiliki kemampuan yang unik sampai sekarang untuk melakukan transformasi dan pencahayaan (T & L) perhitungan. Karena ini sangat berulang - dengan set instruksi yang sama jutaan kali dilakukan per detik - mereka kandidat utama untuk akselerasi hardware. Sebuah mesin yang didedikasikan dapat dioptimalkan untuk fungsi matematika yang diperlukan, sehingga cukup sederhana untuk menciptakan, efisien tujuan yang berfokus desain silikon - dan salah satu yang mampu mengungguli jauh upaya CPU dalam menjalankan tugas-tugas ini. Selanjutnya, off-loading fungsi T & L ke GPU memungkinkan CPU utama untuk berkonsentrasi pada aspek lain pengolahan menuntut, seperti real-time fisika dan kecerdasan buatan.

Dalam pertandingan dengan dua puluh objek yang berbeda di layar pada waktu tertentu, CPU harus menyelesaikan setiap prosedur di atas untuk setiap objek. Dan jika ini tidak cukup kompleks, layar komputer refresh pada lebih dari tujuh puluh kali per detik. Oleh karena itu, setiap perubahan posisi benda-benda juga harus dihitung dan ditampilkan untuk setiap refresh layar.
Pengaturan segitiga mengubah data yang dibuat oleh pengaturan geometri menjadi bentuk yang dapat menjadi masukan ke dalam akselerator 3D. Beberapa kartu grafis memiliki mesin sendiri konfigurasi segitiga yang mengambil sebagian beban jauh dari prosesor system. Namun, bahkan unit segitiga konfigurasi ini mampu memproses hanya bagian kecil dari data: sisanya harus ditangani oleh CPU utama.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar