Resolusi adalah istilah yang sering digunakan bergantian dengan
addressability, tetapi lebih tepat mengacu pada ketajaman, atau detail,
dari citra visual. Hal ini terutama fungsi monitor dan ditentukan oleh ukuran balok dan dot pitch (kadang-kadang disebut sebagai garis lapangan). Sebuah gambar dibuat ketika berkas elektron pemogokan fosfor yang melapisi dasar layar monitor. Sebuah kelompok yang terdiri dari satu merah, satu hijau dan satu biru fosfor dikenal sebagai pixel.
Sebuah pixel merupakan bagian terkecil dari layar yang dapat
dikendalikan secara individual, dan setiap pixel dapat diatur untuk
warna yang berbeda dan intensitas.
Sebuah gambar layar lengkap terdiri dari ribuan piksel dan resolusi
layar itu - yang ditentukan dalam hal baris dengan angka kolom - adalah
jumlah maksimum piksel dapat ditampilkan.
Semakin tinggi resolusinya, semakin banyak piksel yang dapat
ditampilkan dan oleh karena itu informasi lebih layar dapat menampilkan
pada waktu tertentu.
Resolusi umumnya jatuh ke dalam set standar dan tabel di bawah ini menunjukkan serangkaian standar video sejak CGA, yang pertama untuk mendukung warna / grafis kemampuan:
Kurangnya standar yang diterima secara luas untuk addressabilities
pixel> VGA adalah masalah bagi produsen, pembangun sistem, programer
dan pengguna akhir sama.
Hal tersebut disampaikan oleh Video Electronics Standards Association
(VESA) - konsorsium adapter video dan produsen monitor yang tujuannya
adalah untuk membakukan protokol video - yang mengembangkan keluarga
standar video yang kompatibel dengan VGA tapi menawarkan resolusi lebih
besar dan warna lebih .
Untuk sementara - sebelum munculnya keluarga XGA definisi - VESA ini
VGA BIOS Extensions (secara kolektif dikenal sebagai Super VGA) adalah
hal yang paling dekat dengan standar.
Biasanya, layar SVGA dapat mendukung palet sampai 16.7 juta warna, meskipun jumlah video memori di komputer tertentu dapat membatasi jumlah sebenarnya warna yang ditampilkan menjadi sesuatu yang kurang dari itu. Gambar resolusi spesifikasi bervariasi. Secara umum, semakin besar ukuran diagonal layar dari monitor SVGA, pixel lebih dapat menampilkan horizontal dan vertikal. Kecil SVGA monitor (14in diagonal) biasanya menggunakan resolusi 800 × 600 dan terbesar (20in + diagonal) dapat menampilkan 1280 × 1024, atau bahkan 1600 × 1200, piksel.
XGA dikembangkan oleh IBM dan pada awalnya digunakan untuk menggambarkan adapter grafis berpemilik dirancang untuk digunakan dalam slot Micro Channel Arsitektur ekspansi. Hal ini kemudian menjadi standar yang digunakan untuk menggambarkan kartu dan menampilkan mampu menampilkan resolusi hingga 1024 × 768 piksel.
VESA ini SXGA standar yang digunakan untuk menggambarkan ukuran up layar berikutnya - 1280 × 1024. SXGA adalah penting dalam bahwa rasio standar adalah 5:4, sementara VGA, SVGA, XGA, dan UXGA adalah semua tradisional aspek rasio 4:3 ditemukan pada sebagian besar monitor komputer.
Pixel yang lebih kecil pada resolusi yang lebih tinggi dan sebelum Windows 95 - dan pengenalan obyek layar scalable - Windows ikon dan judul bar selalu jumlah pixel yang sama dalam ukuran apapun resolusi. Akibatnya, resolusi layar lebih tinggi, semakin kecil obyek muncul - dengan hasil yang lebih tinggi resolusi bekerja jauh lebih baik pada monitor secara fisik lebih besar di mana piksel yang lebih besar Sejalan. Hari-hari ini kemampuan untuk skala objek Windows - ditambah dengan pilihan untuk menggunakan font yang lebih kecil atau lebih besar - affords penggunaan fleksibilitas jauh lebih besar, sehingga sangat mungkin untuk menggunakan monitor 15in banyak pada resolusi layar hingga 1024 × 768 piksel dan monitor 17in di resolusi hingga 1600 × 1200.
Tabel di bawah ini mengidentifikasi SVGA berbagai standar dan menunjukkan ukuran monitor yang tepat untuk masing-masing:
Semua standar SVGA mendukung layar 16 juta warna, tetapi jumlah warna
yang dapat ditampilkan secara bersamaan dibatasi oleh jumlah memori
video yang dipasang dalam suatu sistem. Semakin banyak jumlah warna, atau resolusi yang lebih tinggi atau, memori video lebih akan diperlukan. Namun, karena merupakan sumber daya bersama mengurangi satu akan memungkinkan peningkatan yang lain.
Resolusi umumnya jatuh ke dalam set standar dan tabel di bawah ini menunjukkan serangkaian standar video sejak CGA, yang pertama untuk mendukung warna / grafis kemampuan:
Tanggal | Standar | Deskripsi | Resolusi | Nomor warna |
---|---|---|---|---|
1.981 | CGA | Warna Graphics Adaptor | 640 × 200 160 × 200 | Tak satupun 16 |
1.984 | EGA | Enhanced Graphics Adaptor | 640 × 350 | 16 dari 64 |
1.987 | VGA | Video Graphics Susunan | 640 × 480 320 × 200 | 16 dari 262.144 256 |
1.990 | XGA | Diperpanjang Graphics Array | 1024 × 768 | 16,7 juta |
SXGA | Super Diperpanjang Graphics Array | 1280 × 1024 | 16,7 juta | |
UXGA | Ultra XGA | 1600 × 1200 | 16,7 juta |
Biasanya, layar SVGA dapat mendukung palet sampai 16.7 juta warna, meskipun jumlah video memori di komputer tertentu dapat membatasi jumlah sebenarnya warna yang ditampilkan menjadi sesuatu yang kurang dari itu. Gambar resolusi spesifikasi bervariasi. Secara umum, semakin besar ukuran diagonal layar dari monitor SVGA, pixel lebih dapat menampilkan horizontal dan vertikal. Kecil SVGA monitor (14in diagonal) biasanya menggunakan resolusi 800 × 600 dan terbesar (20in + diagonal) dapat menampilkan 1280 × 1024, atau bahkan 1600 × 1200, piksel.
XGA dikembangkan oleh IBM dan pada awalnya digunakan untuk menggambarkan adapter grafis berpemilik dirancang untuk digunakan dalam slot Micro Channel Arsitektur ekspansi. Hal ini kemudian menjadi standar yang digunakan untuk menggambarkan kartu dan menampilkan mampu menampilkan resolusi hingga 1024 × 768 piksel.
VESA ini SXGA standar yang digunakan untuk menggambarkan ukuran up layar berikutnya - 1280 × 1024. SXGA adalah penting dalam bahwa rasio standar adalah 5:4, sementara VGA, SVGA, XGA, dan UXGA adalah semua tradisional aspek rasio 4:3 ditemukan pada sebagian besar monitor komputer.
Pixel yang lebih kecil pada resolusi yang lebih tinggi dan sebelum Windows 95 - dan pengenalan obyek layar scalable - Windows ikon dan judul bar selalu jumlah pixel yang sama dalam ukuran apapun resolusi. Akibatnya, resolusi layar lebih tinggi, semakin kecil obyek muncul - dengan hasil yang lebih tinggi resolusi bekerja jauh lebih baik pada monitor secara fisik lebih besar di mana piksel yang lebih besar Sejalan. Hari-hari ini kemampuan untuk skala objek Windows - ditambah dengan pilihan untuk menggunakan font yang lebih kecil atau lebih besar - affords penggunaan fleksibilitas jauh lebih besar, sehingga sangat mungkin untuk menggunakan monitor 15in banyak pada resolusi layar hingga 1024 × 768 piksel dan monitor 17in di resolusi hingga 1600 × 1200.
Tabel di bawah ini mengidentifikasi SVGA berbagai standar dan menunjukkan ukuran monitor yang tepat untuk masing-masing:
800 × 600 | 1024 × 768 | 1.152 × 882 | 1280 × 1024 | 1600 × 1200 | 1.800 × 1440 | |
---|---|---|---|---|---|---|
15in | YA | YA | ||||
17in | YA | YA | YA | YA | ||
19in | YA | YA | YA | |||
21in | YA | YA |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar